Greenpeace Temukan Titik Radiasi di Lokasi Olimpiade Tokyo

0
Greenpeace Temukan Titik Radiasi di Lokasi Olimpiade Tokyo

Lambang Olimpiade

Tokyo, Jurnas.com – Titik panas radiasi telah ditemukan di fasilitas olahraga J-Village di Fukushima, Jepa, lokasi estafet obor Olimpiade Tokyo 2020 akan dimulai.

Dikutip dari Reuters pada Rabu (4/12), Greenpeace menemukan bahwa tingkat radiasi di sekitar tempat tersebut secara signifikan lebih tinggi, dibandingkan sebelum reaktor nuklir Fukushima Daiichi dihantam gempa bumi dan tsunami pada Maret 2011.

Survei Greenpeace menemukan pembacaan radioaktivitas yang dilakukan di J-Village pada 26 Oktober setinggi 71 microsieverts per jam pada tingkat permukaan.

Orang-orang terpapar radiasi alami 2.000-3.000 microsieverts per tahun, sehingga siapa pun yang tinggal di sekitar J-Village selama dua hari atau lebih, bisa terkena lebih dari itu.

Bacaan-bacaan ini, meskipun tidak dianggap mengancam jiwa jika diekspos untuk waktu yang singkat, namun dinilai 1.775 kali lebih tinggi dari pada sebelum bencana Maret 2011.

Api Olimpiade akan tiba dari Yunani di Jepang pada 20 Maret, di mana obor estafet secara resmi dimulai dari J-Village pada 26 Maret.

Greenpeace mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mengirim temuannya ke Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, tetapi tidak menerima tanggapan.

“Ada risiko bahwa hujan lebat akan menyebarkan tingkat kontaminasi yang lebih tinggi ini di jalan umum, dan dengan demikian mengkontaminasi ulang permukaan yang sudah didekontaminasi,” tulis Greenpeace dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat kementerian mengakui bahwa kementerian telah diperingatkan untuk pembacaan tingkat radiasi yang lebih tinggi di daerah sekitar J-Village, dan bahwa langkah-langkah dekontaminasi telah diambil.

“Kementerian bekerja sama dengan kelompok-kelompok terkait untuk mengurangi tingkat radiasi di daerah itu,” ungkap pejabat itu.

“Pada 3 Desember, Tokyo Electric Power (Tepco) mengambil langkah-langkah untuk mengurangi tingkat radiasi di daerah tersebut.”

Stasiun nuklir Fukushima Daiichi, yang terletak sekitar 220 km (130 mil) timur laut Tokyo, diguncang gempa berkekuatan 9,0 dan tsunami pada Maret 2011, memicu tiga reaktor bocor.

Lebih dari 160.000 penduduk melarikan diri dari kota-kota terdekat setelah radiasi dari reaktor mengontaminasi air, makanan, dan udara.

TAGS : Radiasi Nuklir Olimpiade Tokyo

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/63397/Greenpeace-Temukan-Titik-Radiasi-di-Lokasi-Olimpiade-Tokyo/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of